Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batang Gelar Pelatihan Saksi Parpol Pemilu 2024

Pelatihan Saksi Parpol Pemilu 2024

Pelatihan Saksi Parpol Pemilu 2024

Batang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang menggelar pelatihan saksi partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 selama 3 hari, mulai tanggal 22 sampai dengan 24 Desember 2023 di Hotel Parkside, Pekalongan.

 

Kegiatan di buka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Batang, Mahbrur dengan didampingi Anggota beserta Koordinator Sekretariat yang diikuti oleh koordinator saksi parpol, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan tim kampanye pasangan capres dan cawapres serta Pemantau Pemilu Rotasi di Kabupaten Batang.

 

Mahbrur dalam sambutannya mengatakan pelatihan saksi peserta pemilu 2024 ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada saksi parpol mengenai pelaksanaan Pemilu yang berintegritas.

“Pelatihan ini dilakukan untuk membekali pengetahuan kepada para saksi, mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara, dan apa saja tugas, hak dan kewajiban para saksi,” ujar  Mahbrur.

 

Lebih lanjut Mahbrur merincikan peserta akan dilatih dengan kegiatan pemberian materi seputar kepemiluan yang melibatkan saksi partai politik di dalamnya.

“Para peserta akan dilatih dengan kegiatan pemberian materi seputar kepemiluan yang melibatkan saksi partai politik di dalamnya,” tambahnya.

Mahbrur juga berharap agar para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan secara serius. Dia berharap peserta dapat memahami serta mentransformasikan ilmunya kepada saksi partai di tingkat selanjutnya usai mengikuti kegiatan tersebut.

 

Selain mendapatkan materi dari seluruh anggota Bawaslu Kabupaten Batang, juga menghadirkan narasumber kompeten yaitu Anggota KPU Kabupaten Batang Periode 2023 – 2028 Ida Susanti dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Periode 2018 – 2023 Anik Sholihatun. Ida memaparkan materi substansi pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak 2024. Sementara Anik Sholih menjelaskan pentingnya penguatan kapasitas dan manajemen saksi peserta pemilu 2024.

 

Dalam kegiatan juga berkomitmen bersama ditandai dengan mengucapkan ikrar bersama seluruh saksi peserta pemilu/Tim Kampanye untuk taat aturan.

Humas Bawaslu Batang