Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Batang Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan

Bawaslu Batang Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan

Bawaslu Batang Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan

Batang-Bawaslu Kabupaten Batang melaksanakan Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan pada Jumat (12/10/2024) bersama KPU dan Disdukcapil Kabupaten Batang.

Kegiatan ini secara berkala terus dilakukan untuk memperkuat koordinasi dan konsolidasi dalam rangka menjaga dan mengawal hak pilih Pemilu 2024.

Nur Faizin selaku Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Batang menyampaikan berdasarkan hasil pengawasan, Bawaslu menemukan 1.935 pemilih meninggal dunia pasca penetapan DPT dan potensial pemilih DPTb sebanyak 2.198 orang dan DPK sebanyak 81 orang.
Dari hasil pengawasan tersebut, secara berkala, jajaran Panwaslu Kecamatan telah memberikan surat saran perbaikan kepada PPK untuk ditindaklanjuti. Selain itu Bawaslu juga mendorong Disdukcapil untuk melakukan perekaman KTP Elektronik kepada pemilih potensial bisa segera selesai dan harapannya yang sudah melakukan perekaman, bisa mempunyai KTP Elektronik secara fisik.

Menyikapi hal tersebut, Muhammad Subhi selaku anggota KPU Kabupaten Batang menyampaikan bahwa untuk Pemilih DPTb karena pindah domisili pelayanannya terakhir tanggal 15 Januari 2024, yang kemudian dilakukan rekapitulasi. Bagi pemilih DPTb karena bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap, tertimpa bencana dan menjadi tahanan rutan/lapas, pelayanannya dibuka sampai dengan H-7 tepatnya tangga 07 Februari 2024.
"Terkait dengan TPS Lokasi Khusus, saat pemungutan suara nanti, surat suara yang akan diberikan kepada pemilih pemberlakuannya sama dengan surat suara untuk pemilih DPTb yaitu disesuaikan dengan alamat domisili KTPnya" tambahnya
Lebih lanjut, terkait dengan pemilih TMS saat ini KPU sudah menindaklanjuti dengan menandai tetapi untuk rekapitulasi jumlah belum bisa dilakukan karena masalah di Sidalih.

Terkait dengan pemilih potensial, Cahyo Wiyanto dari Disdukcapil Kabupaten Batang menjelaskan progres perekaman KTP Elektronik saat ini jumlahnya sangat signifikan dr jumlah sebelum DPT. Hal ini karena Disdukcapil terus melakukan inovasi seperti dengan melakukan jemput bola, mengundang secara by name untuk melakukan perekaman. Ini sebagai wujud kontribusi Disdukcapil dalam menyukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Batang.