Lompat ke isi utama

Berita

“Bawaslu Goes to Campus/School” Strategi Menjaring Pengawas Partisipatif

“Bawaslu Goes to Campus/School” Strategi Menjaring Pengawas Partisipatif

Bawaslu Goes to Campus/School

Batang - Selasa (6/Februari/2024). Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang menggelar kegiatan Bawaslu Goes to Campus/School. Bawaslu Goes to Campus/School merupakan salah satu program strategis Bawaslu dalam rangka menjaring pengawas partisipatif dengan meningkatkan kesadaran dan memberikan edukasi politik kepada generasi muda yaitu pelajar dan mahasiswa dalam berdemokrasi.

 

Universitas Selamat Sri (UNISS) Batang dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang, jadi sasaran pertama program Bawaslu Goes to Campus/School di tahun 2024. Rencana program Bawaslu Goes to Campus/School akan berlanjut ke kampus dan sekolah-sekolah lain yang berada di Batang.

 

MAN Batang

Bawaslu Goes To School Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang

 

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Batang Nur Faizin menekankan pentingnya pengawasan partisipatif dalam penyelenggaraan proses pemilu yang jujur, adil dan transparan. Pengawasan partisipatif ini merupakan upaya pencegahan yang dilakukan untuk menekan angka pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu 2024.

 

Dalam Bawaslu Goes to Campus/School, Faizin juga mengajak generasi muda untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024. Menjadi pemilih cerdas melihat calon pemimpin mulai dari visi misi, peran di lingkungan sosial, latar belakang dan lain sebagainya.

 

Selain itu Faizin juga menyampaikan beberapa dampak dari bahayanya politik uang, berita hoax dan ujaran kebencian dalam pemilu.

 

Melalui Bawaslu Goes to Campus/School, diharapkan generasi muda bisa berperan aktif dalam pengawasan partisipatif pada pemilu. Partisipasi aktif mereka dalam pengawasan partisipatif akan memberikan kontribusi besar bagi kelancaran pemilu serentak tahun 2024.

Humas Bawaslu Batang