Lompat ke isi utama

Berita

Berkolaborasi, Bawaslu Batang dan ITS NU Pekalongan Tandatangani MoU

Bawaslu Batang dan ITS NU Pekalongan Tandatangani MoU

Bawaslu Batang dan ITS NU Pekalongan Tandatangani MoU

Batang – Bersama tandatangani MoU (Memorandum of Understanding), Bawaslu Batang dengan Institut Teknologi Dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan sepakat berkolaborasi dalam pengembangan pengawasan partisipatif dan pengembangan Tri Dharma di ruang rapat lantai 2 (dua) ITS NU Pekalongan, Kamis, 14/Maret/2024.

 

Penandatangan MoU dilakukan oleh Ketua Bawaslu Batang Mahbrur dan Rektor ITS NU Pekalongan Dr. Haryadi, M.Sc., hadir pula dalam MoU anggota Bawaslu Kabupaten Batang Akhmad Farichin dan Slamet Muarif, Wakil Rektor I H. Ali Imron, S.E., M.Si., beserta Dekan dan Dosen.

 

Mahbrur menyatakan bahwa Bawaslu sebagai lembaga yang diberikan kewenangan oleh undang-undang untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu tentunya sangat membutuhkan dukungan banyak pihak dalam menjalankan kewenangannya tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam partisipasi pengawasan setiap tahapannya.

 

“Keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan atas potensi adanya kecurangan yang terjadi, serta melaporkan kecurangan tersebut kepada Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi tahapan pemilu dan menindaklanjuti jika ada dugaan pelanggaran Pemilu.”

 

Melalui MoU ini, Mahbrur berharap, mahasiswa sebagai salah satu corong generasi intelektual bisa memperkuat pengembangan pengawasan partisipatif dalam setiap pesta demokrasi, terlebih jika pengembangan pengawasan dilakukan dalam bidang digital sehingga dapat merangkul generasi muda untuk berpatisipasi dalam Pengawasan Partisipatif semakin meningkat.

 

Foto bersama pimpinan Bawaslu Batang dengan Rektor dan Wakil Rektor I ITS NU Pekalongan

 

Sementara Haryadi mengapresiasi langkah Bawaslu Batang dan mendukung penuh, ia juga berterimakasih karena telah memberikan edukasi, pengalaman dan wawasan baru terkait kepemiluan kepada mahasiswa magang ITSNU Pekalongan di Bawaslu.

 

Disambung dengan Ali Imron, MoU ini bisa menjadikan 2 lembaga antara Bawaslu Batang dengan ITS NU Pekalongan terjalin hubungan saling erat, saling isi mengisi, berkolaborasi dan memajukan negara ini bersama.


 

Humas Bawaslu Batang