Lompat ke isi utama

Berita

Bimtek Kesekretariatan Persiapan Pertanggungjawaban Akhir Laporan Keuangan Panwaslucam

Bimtek Kesekretariatan Persiapan Pertanggungjawaban Akhir Laporan Keuangan Panwaslucam

Bimtek Kesekretariatan Persiapan Pertanggungjawaban Akhir Laporan Keuangan Panwaslucam

Batang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang menggelar kegiatan bimbingan teknis Kesekretariatan Persiapan Pertanggungjawaban Akhir Laporan Keuangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Batang, di Hotel Dewi Ratih, Selasa (26/Maret/2024).

 

Kegiatan yang mengundang Kepala Sekretariat Panwaslucam dan staf keuangan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Batang ini dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Batang, Nur Faizin.

 

Menurut beliau, peran dan dukungan sekretariatan dalam kinerja pengawasan pemilu 2024 sangatlah penting, yaitu memberikan dukungan administratif dan teknis operasional kepada Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/ Desa, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

Faizin juga meminta agar sekretariat bersama-sama menjaga konsistensi pelaporan keuangan sesuai dengan standar dan regulasi yang ditentukan. Ia berharap laporan keuangan yang menjadi tugas dan tanggung jawab bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

 

AKPD Muda Bidang Perbendaharaan dan Kasda BPKPAD Kabupaten Batang Tri Winarsih sebagai pemateri pada sesi pertama mengulas tentang teknis pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Panwaslu Kecamatan secara akuntabel dan transparan.

 

Lebih lanjut dikatakan, keuangan Panwaslu Kecamatan tersebut terdiri atas dua hal saja, penerimaan dan pengeluaran yang muaranya adalah pertanggungjawaban.

 

“Untuk penyusunan laporan keuangan Panwaslucam harus dilakukan secara akurat, tertib, efisien, efektif, objektif dan berkualiats dibutuhkan koordinasi, kerjasama, dan komitmen setiap Panwaslu Kecamatan dalam pertanggungjawaban keuangan.” sebutnya.

 

 

Sementara, Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Kabupaten Batang Lutfiyah melakukan review dan evaluasi pengelolaan keuangan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Batang.

Korsek Bawaslu Kabupaten Batang saat melakukan review dan evaluasi bagi Panwaslucam Se-Kabupaten Batang
Korsek Bawaslu Batang, Lutfiyah, saat melakukan review dan evaluasi bagi Panwaslucam Se-Kabupaten Batang

Menurut beliau, pengelolaan Keuangan adalah seluruh kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan keuangan. 

Lanjutnya, Korsek berharap kegiatan ini bisa meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Batang dalam hal pelaporan keuangan yang tertib, pertanggungjawaban keuangan yang benar, transparan dan akuntabel sesuai ketentuan yang berlaku.

Humas Bawaslu Batang