Lompat ke isi utama

Berita

Masuk Masa Tenang, Bawaslu Besama Tim Gabungan Bersihkan Semua APK

Masuk Masa Tenang, Bawaslu Besama Tim Gabungan Bersihkan Semua APK

Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur (sebelah kanan), dan Anggota KPU Kabupaten Batang, Khikmatun (sebelah kiri) saat memimpin pembersihan APK di wilayah Kabupaten Batang

Batang - Masuk masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang beserta tim gabungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Polres Batang Kota dan Kodim 0736/Batang, mencopot dan membersihkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di berbagai sudut wilayah Kabupaten Batang dengan bantuan 9 crane. Minggu (11/2/2024). 

Ketua Bawaslu Kabupaten Batang, Mahbrur menjelaskan, Pencopotan dan pembersihan APK dikarenakan sudah masuk masa tenang mulai 11-13 Februari 2024, sehingga tidak ada lagi aktivitas kampanye dalam bentuk apapun termasuk lewat APK. "Rencana semua APK sudah bersih  sebelum H-1 pelaksanaan Pemilu 2024," ucap Ketua.

 

Menurutnya, sebelum dilakukan pembersihan oleh tim gabungan, Bawaslu telah meminta dan menghimbau kepada para peserta Pemilu 2024 untuk mencopot APK secara mandiri jauh-jauh hari.

"Hari pertama masa tenang, Bawaslu Batang menyisir di berbagai sudut wilayah Kabupaten Batang untuk memastikan seluruh APK baik itu baliho, banner, poster, spanduk, dan bendera partai yang terpasang sudah dibersihkan, termasuk gambar-gambar peserta pemilu yang ditempel di angkutan umum," ujarnya.

 

Sebelumnya, Bawaslu Batang telah menginventarisir jumlah APK yang masih terpasang sebelum masa tenang, yaitu spanduk sejumlah 5.277, baliho komersil sejumlah 28, baliho non komersil sejumlah 1.319, Bendera sejumlah 2.304, Umbul-Umbul sejumlah 4, dan Bahan Kampanye sejumlah 770. Sehingga jumlah Total APK dan BK 9702. 

Lanjut Ketua menegaskan, bahwa kampanye juga dilarang di media sosial, lembaga penyiaran, baik cetak maupun daring. "Masa tenang juga termasuk di media sosial, jika ada temuan dan nantinya dilaporkan ke Bawaslu pasti akan ditindak lanjuti," pungkasnya.

Humas Bawaslu Batang