Lompat ke isi utama

Berita

Optimalisasi Kerja Kehumasan dalam Pengawasan Pemilu, Bawaslu Batang Gelar Rakor Kehumasan

Rakor Kehumasan bersama dengan Panwaslu Kecamatan dan Media dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kehumasan Bagi Pengawas Pemilu Di Kabupaten Batang, Rabu (13/12/2023).

Rakor Kehumasan bersama dengan Panwaslu Kecamatan dan Media dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kehumasan Bagi Pengawas Pemilu Di Kabupaten Batang, Rabu (13/12/2023).

Batang – Dalam rangka optimalisasi kerja kehumasan dalam pengawasan pemilu, Bawaslu Kabupaten Batang menggelar Rakor Kehumasan bersama dengan Panwaslu Kecamatan dan Media dengan tema “Peningkatan Kapasitas Kehumasan Bagi Pengawas Pemilu Di Kabupaten Batang, Rabu (13/12/2023).

 

Koordinator Divisi Pencegahan, Partipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Batang Nur Faizin menyampaikan, kegiatan ini sangat penting karena kehumasan di Bawaslu merupakan corong dalam menjembatani hubungan yg baik dengan publik. Kegiatan ini menghadirkan staf Panwaslu yang membidangi kehumasan sebagai peserta. “Rapat koordinasi kehumasan ini kita melibatkan Panwaslu kecamatan, dalam hal ini, staf yang membidangi kehumasan. Karena teman-teman staf humaslah yang secara teknis membuat konten hasil pengawasan dan kepemiluan yang akan disebarkan kepada publik, semoga peserta hari ini dapat memperoleh ilmu-ilmu dan wawasan-wawasan baru terkait dengan mekanisme dan juga teknis pembuatan konten media sosial bagi pengawas pemilu,” katanya.

 

Faizin mengatakan, pengelola kehumasan diharap dapat menjembatani komunikasi pekerjaan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dengan masyarakat, sehingga dapat meminimalisasi informasi tidak benar, hoaks, serta kampanye hitam. “Sehingga nanti harapan kita dari media sosial, konten-konten terkait dengan kepengawasan Pemilu dan terkait dengan penyelenggaraan Pemilu ini berisi informasi yang valid dan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat guna menciptakan pemilu dan demokasi yg berkualitas” imbuhnya.

Rakor Kehumasan Bawaslu Batang

 

Pada kegiatan tersebut, menghadirkan narasumber yaitu Anggota Bawaslu Wonosobo Periode 2018-2023, Sumali Ibnu Chamid yang biasa dipanggil Pak Ale. Pak Ale menyampaikan bahwa Humas memiliki peran strategi dalam membangun dan menjaga citra Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu yang professional dan independent.

 

Melalui strategi yang tepat, Bawaslu dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat, memastikan informasi yang benar, dan memberikan kontribusi positif pada proses demokrasi di negara ini.

 

Lebih dalam, Ale memberikan bimbingan teknis terkait perencanaan, produksi, dan penyajian konten.

Humas Bawaslu Batang