Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslucam Kecamatan Gringsing Laksanakan Pengawasan Pleno DPSHP

Panwaslucam Kecamatan Gringsing Laksanakan Pengawasan Pleno DPSHP

Panwaslucam Kecamatan Gringsing Laksanakan Pengawasan Pleno DPSHP

Gringsing – Kamis (12/September/2024). Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Gringsing melaksanakan kegiatan pengawasan pada rapat pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang berlangsung pada hari Selasa 10 September 2024. Kegiatan yang diadakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gringsing merupakan bagian penting dalam tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Pada rapat pleno tersebut dihadiri oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 15 desa seKecamatan Gringsing serta turut dihadiri oleh Forkopimcam dan tim sukses dari partai politik yang hadir.

 

Rapat Pleno DPSHP dimulai pada pukul 14.00 WIB di Aula Kantor Kecamatan Gringsing dan dibuka oleh Ketua PPK Gringsing, Luqman Hakim. Ketua Panwaslucam Kecamatan Gringsing,  Atik Borneo, menekankan pentingnya pengawasan yang teliti. "Kami ingin memastikan bahwa setiap warga yang berhak memilih tercantum dengan benar dalam daftar pemilih. Pengawasan ini untuk memastikan dilaksanakan sesuai dengan prosedur untuk mewujudakan daftar pemilih yang komprehensif, akurat dan mutakhir serta hak pilih warga dilindungi," ujar Atik Borneo.

 

Seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari masing-masing desa tampak hadir dan aktif berpartisipasi dalam rapat. Ketua PPS membacakan hasil rapatr pleno DPSHP Pemilihan tingkat PPS kemudian direkap oleh PPK. Setelah selesai merekap Ketua PPK Gringsing yang memimpin rapat pleno tersebut memberikan kesempatan kepada Panwaslucam, Forkopimcam dan Pimpinan Partai Politik peserta Pemilu 2024 untuk menyampaikan tanggapan/masukan.

 

Kehadiran Forkopimcam Kecamatan Gringsing juga menambah dukungan administratif dan moral bagi kegiatan ini. Camat, Kapolsek, dan Danramil Kecamatan Gringsing turut serta dalam rapat, menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung proses pemilihan yang bersih dan adil. Dukungan dari Forkopimcam diharapkan dapat memperlancar jalannya kegiatan dan memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

 

Gringsing

 

Rapat pleno DPSHP ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Batang, Susanto Waluyo. Ia menyampaikan hasil rapat pleno itu sah minimal dihadiri oleh 3 Anggota PPK, ini semua Anggota hadir semuanya. Hasil rapat pleno ini nanti akan diplenokan di KPU Batang tanggal 18 September 2024 yang kemudian akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap Pemilihan 2024. Jika masih terdapat perbaikan DPS masih ada kesempatan, baik itu DPS yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena meninggal dunia, pindah domisili keluar, ganda dll, Pemilih yang Memenuhi Syarat (MS) belum masuk DPS juga bisa dimasukkan baik karena pindah domisili masuk, TNI/Polri yang pensiun 27 November 2024 atau sebelumnya, dll, tentu perbaikan DPS dilakukan sesuai prosedur dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku. Terang Ketua KPU Kabupaten Batang.

 

Humas Panwaslucam Gringsing