Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslucam Tersono Lakukan Perekrutan 134 Orang PTPS Pemilu 2024

Panwaslucam Tersono saat perekrutan PTPS

Panwaslucam Tersono saat perekrutan PTPS

Tersono, Minggu (7/Januari/2024) Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Tersono Kabupaten Batang melakukan penjaringan 134 calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pemilu di wilayah Kecamatan Tersono.

Ketua Panwaslucam Tersono, Mujiono, menyampaikan “saat ini kami tengah membuka pendaftaran untuk pengawas TPS guna ditempatkan  di 134 TPS yang ada di Kecamatan Tersono”. 
Dalam tahapan pendaftaran PTPS yang mulai dibuka dri tanggal 2 – 6 Januari 2024 kemarin, sudah masuk 138 orang pendaftar dari 20 Desa di Kecamatan Tersono terdiri dari 82 pelamar laki–laki dan 56 perempuan. Keberhasilan penjaringan ini tidak lepas dari kerja sama dan komunikasi yang baik yang dilakukan oleh jajaran Panwaslucam dan Panwaslu Kelurahan/Desa dalam mensosialisasikan perekrutan PTPS ini yakni dengan menempel pengumuman diberbagai tempat strategis di setiap Kelurahan dan Desa. Pengumuman pun telah disebar lewat media sosial. Rekan – rekan Panwaslu Kelurahan/Desa juga melakukan aksi door to door untuk menggaet pelamar. Metode penjaringan dengan jalur pertemanan melalui keanggotaan organisasi kepemudaan pun dilakukan sejak tanggal 19 sampai 30 Desember 2023.

Selanjutnya pengumuman lulus adminstrasi akan disampaikan pada tanggal 10 Januari 2024. Nama – nama yang lolos administrasi kemudian akan di undang untuk mengikuti wawancara pada tanggal 12 sampai 17 Januari 2024 mendatang.

Para pengawas TPS akan bertugas mengawasi jalannya pemungutan dan proses rekapitulasi perolehan suara pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, sehingga mereka ini akan bertugas selama 3 hari sampai 17 Februari 2024 dibawah kendali pengawas kelurahan/Desa (PKD)
Pengawas TPS ini bertugas untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu atau pemilihan, kemudian pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara, pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara, menerima laporan jika ada temuan dugaan pelanggaran pemilu atau pemilhan penyampaian laporan atau temuan dan lainnya.

Panwaslucam Tersono