Lompat ke isi utama

Berita

Pendaftaran Pengawas TPS Pemilihan Serentak 2024 di Wilayah Kecamatan Wonotunggal Mulai Dibuka

Pendaftaran Pengawas TPS Pemilihan Serentak 2024 di Wilayah Kecamatan Wonotunggal Mulai Dibuka

Pendaftaran Pengawas TPS Pemilihan Serentak 2024 di Wilayah Kecamatan Wonotunggal Mulai Dibuka

Wonotunggal - Jumat (13/September/2024). Panwaslu Kecamatan Wonotunggal mulai membuka pendaftaran rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 pada Kamis 12 September 2024. 

 

Ketua Panwaslu Kecamatan Wonotunggal, Nanang Kharisman menjelaskan, pendaftaran rekrutmen pengawas TPS Pilkada serentak tahun ini, dibuka mulai 12 hingga 28 September 2024 melalui Pengawas Kecamatan setempat. Yang di bantu Panwaslu Desa/Kelurahan di wilayah Kecamatan Wonotunggal menempelkan pengumuman di tiap Balaidesa di wilayah kerjanya masing-masing. “Nantinya setiap TPS akan ada satu pengawas untuk memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar,” ujar Nanang di Kantornya. Jumat (13/09/2024).

 

Rekrutmen pengawas TPS itu, disesuaikan dengan jumlah TPS di Kecamatan Wonotunggal pada Pemilihan Serentak 2024. Untuk TPS ada 57. “Masing-masing TPS yaitu satu Pengawas TPS, sehingga kebutuhan kita se-Kecamatan Wonotungal sebanyak 57 sesuai jumlah TPS se-Kecamatan Wonotunggal,” kata Nanang.

 

Bawaslu telah mengumumkan pendaftaran beserta tahapan dan ketentuan persyaratan rekruitmen PTPS. Calon PTPS di antaranya disyaratkan minimal usianya 21 tahun saat mendaftar, kemudian bukan kader atau pengurus Partai Politik, dan tidak pernah dipidana.

 

Nanang juga meminta kepada seluruh masyarakat yang memenuhi persyaratan dan berkomitmen, untuk menjaga pemilihan yang bersih dan adil agar bergabung dalam perekrutan Pengawas TPS. “Kami imbau kepada masyarakat, ayo bergabung. PTPS memiliki peran krusial dalam menjaga integritas Pilkada di setiap TPS. Sekali lagi mari bergabung awasi Pemilu,” ajak Nanang Kharisman.

 

Sesuai jadwal dan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2024 yang ditetapkan KPU, hari H pemungutan dan penghitungan suara dijadwalkan 27 November 2024.

 

Humas Panwaslucam Wonotunggal