Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Pengawasan Dan Koordinasi Jelang Masa Tenang

Pentingnya Pengawasan Dan Koordinasi Jelang Masa Tenang

Anggota Bawaslu Batang Luthfi Dwi Yoga saat membuka rapat koordinasi dan konsolidasi pengawasan persiapan pengawasan masa tenang dengan peserta pemilu dan stakeholder bertema “Pemetaan Potensi Hukum Dalam Tahapan Masa Tenang”

Batang – Pentingnya pengawasan dan koordinasi jelang masa tenang, Bawaslu Kabupaten Batang menggelar rapat koordinasi dan konsolidasi pengawasan persiapan pengawasan masa tenang dengan peserta pemilu dan stakeholder bertema “Pemetaan Potensi Hukum Dalam Tahapan Masa Tenang” dengan mengundang peserta pemilu dan stakeholder di Hotel Dewi Ratih, Rabu (7/Februari/2024).

 

Anggota Bawaslu Kabupaten Batang Luthfi Dwi Yoga menyampaikan, Rapat koordinasi ini guna memperkuat pengawasan kampanye di masa tenang dengan stakeholder, mengingat Tahapan kampanye hampir selesai. “Masa-masa kampanye telah berlangsung sejak 28 November 2023, dan kita perlu mempersiapkan pengawasan pada masa tenang. Partai Politik harus mematuhi aturan yang berlaku mengenai kampanye, baik yang diperbolehkan maupun yang dilarang dalam kampanye. Bawaslu selalu berkomitmen menyelesaikan setiap permasalahan berdasarkan aturan atau regulasi.”

 

Kadiv Hukum dan Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Tengah Muslim aisha narasumber, membawakan materi masalah-masalah hukum di masa tenang diawali dengan kegiatan-kegiatan yang biasanya terjadi pada masa tenang, beberapa ketentuan pada masa tenang, potensi masalah hukum dimasa tenang, sampai pada proses antisipasi pada masa tenang.

 

Khusus pada potensi yang biasanya muncul pada masa tenang adalah terjadi kampanye vs konsolidasi, berita di media tentang kegiatan peserta pemilu, APK tidak dibersihkan oleh masa tenang, kampanye terselubung; money politik, mobilisasi, intimidasi, Pemilih belum mendapatkan c pemberiahuan dan gaduh, kemanan pergeseran kotak suara dan penyimpanan kotak di pps, beredar hoax atau berita2 tidak benar berkaitan kesiapan pemungutan hari H dan lain-lain, sehingga perlu dilakukan antisipasi melalui Intensitas kordinasi dan komunikasi semua pemangku kepentingan, stakeholder, dan komitmen kepatuhan terhadap ketentuan.

 

Muslim menekankan konsolidasi semua jajaran untuk kesiapan pelasksanaan hari H (penyelenggara, peserta dan kepolisian, pemerintah dan stakeholder) sesuai perannya masing-masin. Ada kesepahaman bersama dalam penanganan masalah sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Muslim aisha menandaskan bahwa “Masa tenang adalah masa untuk menghadirkan ketenangan hati, kemantapan jiwa bagi siapapun untuk kesiapan dan kesuksesan pelaksanangan hari H pemilu dan hasilnya.”

Humas Bawaslu Batang