Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Sinergitas Upaya Keakuratan Daftar Pemilih Pra Rekapitulasi DPSHP Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024

Pentingnya Sinergitas Upaya Keakuratan Daftar Pemilih Pra Rekapitulasi DPSHP Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024

Rapat koordinasi persiapan pengawasan rapat pleno rekapitulasi DPSHP tingkat PPS dan PPK pada Pemilihan Serentak Tahun 2024,

Batang - Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) merupakan DPS yang telah diperbaiki berdasarkan masukan dan tanggapan masyarakat dan/atau peserta Pemilu. Pentingnya komunikasi dan sinergitas jajaran KPU dan Bawaslu terkait Daftar Pemilih yang akurat untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Batang adakan rapat koordinasi persiapan pengawasan rapat pleno rekapitulasi DPSHP tingkat PPS dan PPK pada Pemilihan Serentak Tahun 2024, Rabu (4/09/2024).


Akhmad Farichin, Anggota Bawaslu menjelaskan bahwa Daftar Pemilih merupakan data Pemilih yang disusun oleh KPU berdasarkan hasil penyandingan data Pemilih tetap Pemilu atau Pemilihan terakhir yang dimutakhirkan secara berkelanjutan dengan DP4 untuk selanjutnya dijadikan bahan dalam melakukan pemutakhiran.

panwascam


Daftar pemilih juga merupakan persoalan yg klasik dan ini merupakan PR dari KPU. Yg namanya daftar pemilih itu dinamis sifatnya. Sementara PR kita sebenarnya adalah money politik. Tambah Akhmad Farichin.


Akhmad Farichin berharap agar Daftar pemilih kita kali ini harus lebih valid dri Pada pemilu kemarin. Kita harus mengawal penuh terkait Daftar pemilih. 

faizin


Nur Faizin, Anggota Bawaslu menegaskan bahwa terkait data pemilih secara detail harus kita kawal dan selain itu juga harus adanya sinergitas dan komunikasi yang baik antara Panwascam dengan PPK, PPS dengan PKD. "Sinergitas itu penting untuk mengawal keakuratan data pemilih, apabila ada data yang meragukan antara MS atau TMS. Karena ada beberapa data temuan kegandaan data pemilih." Jelas Nur Faizin.