Lompat ke isi utama

Berita

Ribuan Pengawas TPS Di Kabupaten Batang Dilantik Serentak

Ketua Bawaslu Batang Saat Melantik PTPS

Ketua Bawaslu Batang Saat Melantik PTPS 

Batang – Senin (22/Januari/2024), Ribuan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Batang, resmi di lantik dan diambil sumpah janji. Pelantikan dilakukan secara serentak di masing-masing wilayah kecamatan se-Kabupaten Batang.

 

“Selamat kepada 2.569 PTPS di Kabupaten Batang yang hari ini resmi dilantik. Saya tegaskan bahwa PTPS merupakan ujung tombak pengawasan. Tugas teman-teman adalah mulia, yaitu mengawal demokrasi dan ditangan teman-temanlah bisa menciptakan pemilu yang jujur, bersih dan adil.“ Tegas Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur saat memberikan sambutan pelantikan dibeberapa wilayah di Kecamatan di Kabupaten Batang.

 

Dikatakannya juga, bahwa tugas PTPS bukan hanya melihat dan mengawasi saja, melainkan juga mencatat segala bentuk peristiwa di TPS, baik berupa pelanggaran ataupun lainnya. Dijelaskannya juga, seorang PTPS harus mampu menulis catatan peristiwa dengan baik layaknya seorang jurnalis.

“Tugas PTPS itu juga layaknya seorang jurnalis, dia harus mampu menulis dengan baik setiap kejadian di TPS. Dia harus mampu menulis dengan runut dan baik sesuai dengan kaidah jurnalisme,” seru Ketua.

 

Terakhir, pahami regulasi yang ada. Juga PTPS agar melakukan koordinasi dengan pengawas di tingkat desa dan kecamatan, agar proses pengawasan berjalan lancar.

 

Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan bimbingan teknis terkait tugas, fungsi dan wewenangan pengawas TPS. Dengan Bimtek, Bawaslu Batang berharap PTPS mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Humas Bawaslu Batang