Lompat ke isi utama

Berita

Serentak, 2569 PTPS Di Kabupaten Batang Ikuti Bimtek

Serentak, 2569 PTPS Di Kabupaten Batang Ikuti Bimtek

Ketua Bawaslu Batang Mahbrur saat memberikan materi bimtek kepada PTPS

Batang – Sebanyak 2569 Pengawas TPS di Kabupaten Batang, serentak ikuti Bimtek yang dilaksanakan oleh Panwaslucam dimasing-masing wilayah se-Kabupaten Batang. Sabtu (10/Februari/2024).

Ketua Bawaslu Batang Mahbrur mengatakan, bahwa Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas dan persiapan PTPS dalam pengawasan di TPS.

 

"Sebagai pengawas TPS harus siap baik secara mental maupun secara pemahaman untuk melakukan pengawasan dan melakukan identifikasi terhadap pelanggaran yang bisa terjadi di TPS, ucap Mahbrur.

 

Koordinator Divisi Pencegahan Parmas, dan Humas Bawaslu Batang Nur Faizin mengatakan bahwa PTPS harus segera adaptif, yaitu update aturan, kebijakan dan regulasi. PTPS harus memastikan teknis berjalan sesuai dengan aturan.

 

Sementara itu, Koordinator Divisi SDMO dan Diklat PTPS harus mengetahui tugas dan wewenangnya diantaranya pencegahan dugaan pelanggaran pemilu,pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara pemilu, pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara, penerimaan laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran pemilu dan penyampaian laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran pemilu.

 

Hal senada, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Akhmad Farichin, PTPS sangatlah krusial bagi sejarah pemilu di Indonesia. Mengawal suara rakyat, sah tidak sahnya suara berada di TPS, karena itu PTPS harus benar-benar cermat dan berani jika menemukan pelanggaran pemilu.”

 

Ditambahkan juga oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Batang Lutfiyah, agar tingkatkan koordinasi dan komunikasi, baik dengan KPPS maupun dengan PKD agar meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu. 

Humas Bawaslu Batang